Uang Lembur PNS

Jika Anda PNS yang ditempatkan pada bagian yang sibuk, terdapat kemungkinan Anda diharuskan untuk pulang malam atau masuk kerja pada hari libur (Lembur). Apa yang harus Anda persiapkan agar bisa mendapatkan Uang Lembur?

1. Adanya SPKL (Surat Perintah Kerja Lembur)

Jika Kepala Instansi Anda rajin mengamati bawahannya Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan Surat Perintah Kerja Lembur. Tapi ketika atasan tidak tau beban kerja bawahannya sendiri jangan tunggu atasan Anda sadar dengan sendirinya, buatlah Nota Dinas ke Bagian Umum agar dibuatkan SPKL dengan menyebutkan dengan jelas apa yang harus diselesaikan & berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tanpa adanya SPKL Bagian keuangan tidak akan pernah bisa mencairkan Uang Lembur Anda.

2. Absensi Finger Print (Jika sudah ada mesin Absen)

Untuk membuktikan bahwa Anda memang kerja lembur sebaiknya Anda jangan lupa melakukan Absen pada mesin Finger Print. Untuk pencairan uang lembur memang ada beberapa kantor yang menggunakan Daftar Hadir Manual tapi supaya menghindarkan kecurigaan pihak Auditor lebih baik menggunakan mesin Absen. Logikanya jika sudah tersedia mesin Absen kenapa harus memakai Daftar Hadir Manual.

3. Jangan berharap uang lembur  akan dibayarkan hari itu juga.

Sifat uang lembur itu seperti Uang Makan PNS, jadi baru bisa dibayarkan paling cepat awal bulan berikutnya (Kecuali bulan Desember / Akhir Tahun Anggaran). Dibeberapa kantor mungkin saja ada atasan yang berbaik hati membelikan makan (entah memakai uang pribadinya sendiri atau entah uang siapa), tapi itu bukanlah uang lembur, itu hanya kebijakan dari atasan yang mencoba menyemangati anak buah yang sedang lembur 🙂

Peraturan terbaru mengenai uang lembur dapat Anda cari di www.jdih.kemenkeu.go.id dengan keyword : “Uang Lembur”

cari peraturan uang lembur

*Hasil Pencarian 21-04-2015 (PMK 125/PMK.05/2009)

hasil pencarian uang lembur 21 04 2015

 

Kelebihan pencarian di jdih.kemenkeu.go.id adalah terdapatnya data histori peraturan (mencabut & dicabut).

Leave a Reply