Beberapa ide untuk penghasilan tambahan

Meskipun kebanyakan dari Kita sibuk di tempat kerja pada hari Senin sampai Jumat, sebenarnya masih ada waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut terdapat beberapa ide penghasilan tambahan yang mungkin bisa Anda praktekan :

1. Menjadi Penulis Buku

Bagi anda yang hobi menulis, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk menyelesaikan draft-draft buku yang Anda miliki. Meskipun progres-nya mungkin akan lambat karena energi Anda habis di tempat kerja tapi asal konsisten menambah materi buku setidaknya 1 minggu sekali pada akhirnya buku Anda akan selesai juga. Anda dapat mengirimkan buku tersebut ke Penerbit Mayor atau Anda dapat menerbitkan sendiri melalui layanan self-publising. Jika buku Anda laku dipasaran maka Anda aka mendapat royalti yang akan dibayar 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.

2. Publisher program PPC (Pay per Click)

Jika Anda memiliki blog yang memiliki Page Views lumayan, Anda dapat mendaftarkan Blog Anda  ke beberapa Program PPC lokal seperti adsensecamp.com, kliksaya.com atau Program PPC Luar negeri seperti Google Adsense, Chitika dsb. Anda akan dibayar jika pengunjung Blog tertarik untuk menge-klik Script iklan yang Anda tampilkan di Blog.

3. Jasa Les Private

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Jasa Les Private sesuai dengan bidang ilmu yang Anda miliki.

4. Membantu menjualkan produk toko online (Tas, Baju, Jam Tangan, Produk Makanan dsb)

Jika Anda memiliki langganan toko online yang Anda percayai, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menawarkan produk toko online tersebut kepada rekan kerja yang belum terbiasa jual beli online.

5. Menjadi Agen Asuransi

Anda bisa menawarkan asuransi ke rekan kantor, atau saat weekend anda bisa menawarkan asuransi kepada masyarakat umum.

6. Jasa Photoshop

Jika Anda memiliki keahlian Photoshop Anda dapat menawarkan jasa tersebut di forum-forum. Biasanya jika ada acara perpisahan pada suatu kantor, beberapa memilih memberikan kenang-kenangan berupa karikatur pegawai yang mutasi atau pensiun.

7. Bisnis Makanan buatan sendiri

Jika Anda memiliki beberapa menu andalan yang bisa Anda buat sendiri, Anda bisa menawarkan makanan khas buatan Anda tersebut kepada rekan kerja atau coba menjualnya melalui internet.

8. Menjadi trainer Outbond

Jika Anda memiliki bakat untuk menjadi trainer silahkan dicoba, Anda dapat menawarkan Jasa Anda ke sekolah-sekolah.

9. Konsultan Skripsi / Thesis

Jika Anda sudah kuliah S1, S2 Anda bisa membantu rekan-rekan Anda yang sedang berjuang mendapatkan gelar itu.

10. Membantu menjualkan Tanah atau Bangunan

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika berhasil mempromosikan tanah / bangunan milik orang lain atau kenalan.

11. Jual Pulsa

Mungkin jual pulsa adalah sesuatu yang sudah mainstream tapi sepertinya harus dicantumkan karena prosesnya bisa dibilang mudah. Untuk memulai jualan pulsa sekarang Anda tinggal mencari Agen / Dealer penjual pulsa melalui google. Meskipun Saldo Deposit Pulsa Anda tidak laku setidaknya Anda bisa menggunakan saldo deposit tersebut untuk pemakaian sendiri yang tentunya harganya bisa lebih murah. Selain itu beberapa Dealer Pulsa sekarang sudah menyediakan Pulsa listrik Prabayar & Internet (Bolt) jadi Anda bisa sedikit menekan pengeluaran Pulsa HP, Listrik & Internet. Tapi hati-hati jangan sampai rugi karena banyak diutangin 😀

Leave a Reply